Skip to main content

PONPES AL IHYA ULUMADDIN




Pondok Pesantren Ihya Ulumaddin, Kesugihan - Cilacap, Jateng

Jika ada sesuatu dalam perkembangan Islam yang khas Indonesia, maka itu adalah pesantren. Di setiap tempat, kita selalu bisa menjumpai pesantren yang tertua. Tak terkecuali di Cilacap, Jawa Tengah.
Pondok pesantren Ihya Ulumaddin merupakan pondok persantren tertua di Cilacap Jawa Tengah. Lembaga itu dibangun dengan keikhlasan dan keteguhan hati serta kedalaman wawasan agama ulama kelahiran Purworejo, Jawa Tengah, KH Badawi Hanafi.
Dengan penuh kesabaran dan ketekunan, bertempat di sebuah ruang yang sederhana dan bersahaja yang dikenal dengan nama 'langgar duwur', KH Badawi Hanafi memulai mengajar dan membimbing santrinya. Anak-anak, orang tua dan masyarakat datang untuk mengaji. Ada yang menetap sebagai santri, namun ada pula yang hanya sekedar minta keberkahan dan didoakan agar diberikan keselamatan.
Kemudian datang pula santri dari berbagai daerah sehingga menambah ramai suasana. Banyak yang menghafal dan melafazkan ayat-ayat Alquran. Dengan bertambahnya santri dan kebutuhan akan sarana pendidikan yang memadai didukung semangat kebersamaan yang tinggi pada 24 Nopember 1925 didirikan pondok pesantren di Desa Kesugihan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, yang kemudian dikenal dengan nama pondok pesantren Kesugihan.
Kepemimpinan ponpes ini kemudian dilanjutkan oleh KH Ahmad Mustholih dan KH Chasbulloh Badawi, putra pendiri. Dalam asuhan kedua kiai ini, pesantren mengalami perkembangan pesat sehingga lahir pula lembaga-lembaga pendidikan formal mulai TK hingga madrasah aliyah. Setelah KH Mustholih Badawi wafat pada 1999, kepemimpinan pondok pesantren dipegang adiknya, KH Chasbulloh Badawi, hingga sekarang.
Pada 1961 pondok pesantren ini berubah nama menjadi Pendidikan dan Pengajaran Agama Islam (PPAI). Pada 1983 PPAI diubah menjadi pondok pesantren Ihya Ulumaddin. Perubahan ini dimaksudkan untuk mengenang pendirinya, KH Badawi Hanafi, karena ia sangat mengagumi pembahasan Imam Al Ghozali, terutama kajian dan pemahaman dienul Islam yang tertuang dalam masterpiecenya, Ihya Ulumaddin.
Kegiatan ponpes ini makin berkembang. Santri pun berdatangan dari berbagai daerah termasuk luar Jawa seperti Lampung, Kalimantan, Palembang, Aceh dan Medan.
Saat ini jumlah santri yang menetap 1.500 orang. Dari jumlah tu, 700 santri wanita yang seluruh ruangnya terpisah dari santri lelaki.
Ponpes ini berdiri di atas lahan seluas lima hektar. "Pembangunan bertahap sesuai dengan kebutuhan."
Di samping tingkat pendidikan dari TK hingga aliyah, di pondok ini ada juga sekolah umum yaitu SMP dan SMU. Bahkan sejak 1988 didirikan perguruan tinggi yaitu Institut Agama Islam Imam Ghozali. Keseluruhan tenaga pengajar berjumlah 200 orang.
Sistem pendidikan di pesantren ini adalah salafi model bandungan dan sorogan. Model bandungan adalah mengaji salah satu kitab yang diikuti banyak santri. Sedangkan sorogan, satu kitab dihadapi satu orang. Beberapa kitab dipelajari terutama fikih, tasawuf, akhlak, dan nahwu sorof.
Mengenai biaya pendidikan, KH Chasbulloh mengatakan tidak melebihi biaya sekolah umum di lingkungan ponpes. Bahkan, ada beberapa anak yang sama sekali tidak dikenakan biaya. Dulu istilahnya ashabus suffah.
Pondok pesantren terbesar dan tertua di Cilacap ini bisa digolongkan sebagai ponpes transisi modern karena di samping menganut pendidikan modern, teori pendidikan tradisional yang berguna masih tetap dipelihara. Kitab Kuning menjadi pelajaran wajib bagi para santri.
Menjelang Ramadhan, ponpes ini meliburkan santrinya selama beberapa pekan. Saat Ramadhan tiba, santri kembali masuk untuk melaksanakan program khusus puasa. Program ini berupa pendalaman dan pengamalan materi agama.

Comments

  1. Wa'alaykumussalam wr. wb. Iya Alumni juga. saya MTS MINAT tahun 1997. Maz Pram Randu Dongkal kenal Mbak Inganah gak?

    ReplyDelete
  2. iya kenal banget...wong warung pring karang tengah, kan seangkatan heheh

    ReplyDelete
  3. Salam Kenal dari saya DenMas Yusuf, Rokan Hulu, Riau, Indonesia ALUMNI al-ihya 'ulumaddin Kesugihan 1 Cilacap.

    ReplyDelete
  4. salm knal smua from nawawi / awenx ranger'z biroe.......aloemni 2003.....

    ReplyDelete
  5. Salam kenal semua,,,,
    Prio Nugroho
    Kampar Riau

    ReplyDelete
  6. assalam...
    salam kenal semua, kang, mba...
    gimana kabar sekarang?

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum....
    saya Faisal.saya dulu pernah mondok di ihya ulumuddin kasugian tahun 1995.saya dulu di asrama Darul fawa'id.kamar D36.ketua nya dulu ustad Ach Yani.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ucapan Idul Fitri Yang Benar (Sesuai Rasulullah SAW)

Hari kemenangan akan segera tiba. Di Indonesia setiap hari Lebaran (Idul Fitri) tiba semua orang mengucapkan selamat dengan bermacam-macam cara. Ada yang dengan pantun serius, pantun plesetan, ungkapan yang sangat puitis, dll. (Ini “pancingan” dari operator selular agar semua orang kirim SMS sehingga traffic SMS meningkat yang ujung-ujungnya pendapatan mereka juga meningkat atau memang murni ucapan dari seseorang kemudian di forward setelah diedit sedikit, biasanya nama dan keluarga. ucapanya sih sama persis). Nah, bagaimana yang dilakukan Nabi? Hampir semua ucapan yang beredar tidak ada riwayatnya kepada Rasulullah kecuali ucapan: Taqabbalallahu minaa wa minka , yang maknanya, “Semoga Allah SWT menerima amal kami dan amal Anda.” Maksudnya menerima di sini adalah menerima segala amal dan ibadah kita di bulan Ramadhan. Berkata Al Hafidh Ibnu Hajar[Fathul Bari 2/446] : “Dalam “Al Mahamiliyat” dengan isnad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia berkata (yang artinya) : Para sah

INSIDE KA'BAH DAN DETIK TERAKHIR SAKARATUL MAUT RASULULLAH SAW..

Inside Ka'bah Saudaraku seiman, gambar ini (bagian dalam Baitullah) adalah hadiah istimewa bagi kita semua (terutama bagi yang belum pernah masuk atau belum pernah melihat/memiliki gambar seperti ini). Silahkan

WASPADA BAHAYA KEBAKARAN HUTAN !!!

Kebakaran hutan seolah-olah menjadi tradisi. Bagian dari tradisi kegiatan yang mengakibatkan kerusakan hutan. Gimana enggak coba? Hampir setiap tahun sejak abad ke-21 kebakaran hutan selalu terjadi. Baru-baru ini di negara kita, tepatnya di wilayah Tanjungpinang – Kepulauan Riau, beberapa lokasi hutannya kebakaran bro. Sungguh mengerikan. Sampai kapan ya, hutan di dunia ini terhenti dari kebakaran ?? . Untuk kasus kebakaran yang terjadi khususnya di wilayah Tanjungpinang, mengawali Tahun 2010 dalam 1 bulan ini saya hitung sudah sekitar 14 kali terjadi kebakaran di beberapa titik yang sebagian besar adalah lahan / hutan….waduh..cape dehhhhh. Pada musim kering seperti saat ini, risiko kebakaran di kawasan hutan cukup tinggi, mengingat kondisi hutan yang kering mudah terbakar. Panas menyengat yang terjadi dalam 1 bulan terakhir menimbulkan hot spot (titik panas) pada sejumlah wilayah khususnya di Tanjungpinang, dan tentu saja rawan kebakaran hutan. Perlu diingat bahwa dampak terjadinya ke