My Photo
MAZPRAM - TANJUNGPINANG - BINTAN ISLAND, KEPULAUAN RIAU, Indonesia

Monday, September 8, 2008

BELAJAR TAJWID DENGAN MUDAH DAN DOWNLOAD SOFTWARENYA

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI BELAJAR TAJWID

Salah satu amalan istimewa di bulan ramadhan adalah membaca kitab suci Al-Qur'an. Nah, untuk membaca Al-Qur'an dengan baik memang diperlukan ilmu. Jadi tidak hanya sekedar baca, selesai. Ilmu untuk membaca, menelaah, memahami, dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.



Membaca Al-Qur'an rasanya tidak lengkap tanpa mempelajari cara membacanya. Ilmu membacanya biasa disebut dengan ilmu Tajwid. Tajwid ini sangat penting bagi kita sebagai seorang muslim, karena kita diperintahkan Allah SWT untuk membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar (tartil).

Tajwid berasal dari bahasa arab yang artinya adalah membaguskan. Jadi bisa disimpulkan bahwa tajwid adalah ilmu yang mempelacari cara membaca Al-Quran dengan bagus sesuai dengan tuntunan dan ajaran yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Ada banyak jalan untuk belajar ilmu tajwid. Mereka yang mengenyam pendidikan agama sejak kecil seperti lulusan Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah hingga Madrasah Aliyah tentunya pernah mendapatkan pelajaran ilmu Tajwid. Hehe... Bagi yang mendapat pendidikan di lembaga pendidikan umum bisa belajar di masjid-masjid lewat guru atau ustadz yang berpengalaman.

Nah, kali ini saya akan membagikan software yang saya tidak dapat memastikan darimana software ini berasal. Karena saya dulu mendapatkan software ini dari seorang sahabat jauh. Dan didalamnya tidak ada keterangan copyright dari siapa.

Dan kemudian saya mencoba menelusuri di google dan jika dirunut lagi, software ini (insyaallah) berasal dari blog mas Rosyidi. Untuk yang PDF saya kurang tahu pasti....

Berikut ini adalah software belajar praktis ilmu tajwid. Ada tiga buah file. EXE dan SWF adalah file flash untuk belajar tajwid. Dengan file exe kita bisa mainkan dengan double klik file tersebut dan voila.. dia akan muncul... Namun untuk file SWF anda bisa memainkannya di browser anda (internet explorer, mozilla firefox, opera, dll). Sementara untuk file PDF bisa anda cetak dengan printer di sebuah kertas kemudian dibaca, atau bisa dibaca lewat PDF viewer, seperti Adobe Acrobat PDF Reader.


Silahkan download, dinikmati dan belajar tajwid! Semoga bermanfat!

Attachment: TAJWID.EXE
Attachment: TAJWID.pdf
Attachment: Tajwid.swf

22 comments:

  1. waduh.......terima kasih banyak mazpram....iya neh gue dah coba donwload dan buka..wah..praktis juga yah..makasih deh sekali lage

    ReplyDelete
  2. waah hebat ya zaman sekarang udah bisa belajar tajwid pake software..tapi manda rasa lebih indah lagi kalo belajar di tpa bareng temen2 dan pak guru hehehe

    ReplyDelete
  3. ma kasih Mas, tapi ada satu lagi yang saya cari.bagaimana caranya agar saya bisa cepat menguasai tajwid ini. doakan ya mas.

    ReplyDelete
  4. makasih banyak hanya satu doaku, semoga Anda sekeluarga selalu mendapat hidayah ALLAH

    ReplyDelete
  5. makasih mas. satu doaku semoga Anda sekeluarga senantiasa mendapat hidayah dari ALLAH

    ReplyDelete
  6. syukran jazilan wa marhaban....semoga anda beroleh ganjaran dari Allah atas apa yang anda usahakan ini..aminnnn....

    ReplyDelete
  7. ass...blognya bagus. bermanfaaat, ada pengetahuan agamanya. salam
    nurmi_mars@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  8. hatur nuhun aa ieu abdi ti tataran sunda hatur nuhun pisan elmuna sing mamfaat kanggo sadayana amiin hatur nuhun nami abdi muhamad amsori ti cianjur jawabarat

    ReplyDelete
  9. Jazakkillah, software Tajwid-nya. Semoga bermanfaat. Dan izin ane utk download ya..

    ReplyDelete
  10. mas mazpram thank banget atas software tadzwidnya

    ReplyDelete
  11. Mhn ijin sedot. Terima kasih atas sofwarenya, semoga dapat membantu sy dalam belajar Al-Qur'an, Amien

    ReplyDelete
  12. Terima kasih, sangat bermanfaat untuk saya mengajarkan tajwid untuk anak-anak kami

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah....... AMPUH n MANTAP
    Ijin sedot Mas

    ReplyDelete
  14. makasih banget ya...

    ReplyDelete
  15. Terima Kasih, saya hanya bisa mendoakan semoga Mas dan sekeluarga selalu dilimpahkan rahmat dan hidayah dari ALLAH SWT, Amin ya Allah

    ReplyDelete
  16. syukron , ijin share ya : )

    ReplyDelete

DAFTAR LINK SOBAT BLOGER MAZPRAM