Skip to main content

PNPM MANDIRI DAN PENCANANGAN GERAKAN RAJIN MENABUNG PEDESAAN

Sejak diluncurkannya Program nasional Pemberdayaan masyarakat ( PNPM ) Mandiri oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhyono yang di pusatkan di lapangan Vatulemo Palu Propinsi Sulawesi Tengah pada tanggal 30 april 2007 dan dihadiri para Gubernur seluruh Indonesia, hingga saat ini pemerintah terus menindaklanjuti dari pada program kegiatan tersebut. PNPM Mandiri merupakan lanjutan program percepatan penanggulangan kemiskinan di pedesaan yang selama ini telah dilaksanakan oleh Pemerintah melalui Program Pengembangan Kecamatan ( PPK ) dan Program Penanggulangan Kemiskinan di perkotaan ( P2KP ). Hal ini sudah barang tentu akan memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menciptakan kesempatan berusaha, mengurangi penganguran, menyediakan lapangan pekerjaan serta menekan jumlah angka kemiskinan.
Sebagaimana yang di lakukan oleh Menkokesra Abu Rizal Bakrie dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Bintan - Provinsi Kepulauan Riau (22/02/09). Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Bintan Menkokesra Aburizal Bakrie menyerahkan bantuan langsung Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri sebanyak 6,78 Milyar rupiah kepada Bupati Bintan Ansar Ahmad disaksikan oleh Gubernur Kepri Ismeth Abdullah di Tanjung Uban, Pulau Bintan Minggu (22/2/09). Menko Kesra Aburizal Bakrie mengatakan dana PNPM Mandiri digunakan untuk membantu Kredit Usaha Rakyat dalam menjalankan usaha kecilnya sehinga usaha kecil rakyat dapat tumbuh dan berkembang menjadi usaha menengah dan besar. Selain itu juga dalam kunjungannya dilaksanakan kegiatan pencanangan Gerakan Rajin Menabung Pedesaan. Abu Rizal Bakrie mengimbau masyarakat untuk mengurangi pola hidup konsumtif. Imbauan ini disampaikan bersamaan dengan pencanangan gerakan rajin menabung pedesaan yang berlangsung Ahad (22/2) di Gedung Nasional Tanjunguban-Kabupaten Bintan.


Sebagaimana yang disampaikan beliau (Menkokesra), bahwa mengentaskan kemiskinan pada prinsipnya sangat gampang, yaitu pendapatan masyarakat harus ditambah dan pengeluarannya harus dikurangi. Berkenaan dengan ini pemerintah pusat memiliki tiga program untuk mengentaskan angka kemiskinan tersebut. Program pertama, kata Ical, yaitu program pembangunan sosial, dimana melalui program ini pemerintah memberikan dana bantuan yang sifatnya bantuan. Adapun bantuan program ini antara lain pemberian bantuan di bidang pendudukan, yaitu berupa Biaya Operasional Sekolah (BOS). (FOTO KEGIATAN SELENGKAPNYA)

SEKILAS TENTANG PNPM MANDIRI

logo PNPMPermasalahan kemiskinan yang cukup kompleks membutuhkan intervensi semua pihak secara bersama dan terkoordinasi. Namun penanganannya selama ini cenderung parsial dan tidak berkelanjutan. Peran dunia usaha dan masyarakat pada umumnya juga belum optimal. Kerelawanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang dapat menjadi sumber penting pemberdayaan dan pemecahan akar permasalahan kemiskinan juga mulai luntur. Untuk itu diperlukan perubahan yang bersifat sistemik dan menyeluruh dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Untuk meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, pemerintah meluncurkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri mulai tahun 2007. Melaui PNPM Mandiri dirumuskan kembali mekanisme upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi. Melalui proses pembangunan partisipatif, kesadaran kritis dan kemandirian masyarakat, terutama masyarakat miskin, dapat dapat ditumbuhkembangkan sehingga mereka bukan sebagai obyek melainkan sebagai subyek upaya penanggulangan kemiskinan.

Pelaksanaan PNPM Mandiri tahun 2007 dimulai dengan Program Pengembangan Kecamatan (PPK) sebagai dasar pengembangan pemberdayaan masyarakat di perdesaan beserta program pendukungnya seperti PNPM Generasi; Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) sebagai dasar bagi pengembangan pemberdayaan masyarakat di perkotaan; dan Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Khusus (P2DTK) untuk pengembangan daerah tertinggal, pasca bencana, dan konflik. Mulai tahun 2008 PNPM Mandiri diperluas dengan melibatkan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) untuk mengintegrasikan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dengan daerah sekitarnya. PNPM Mandiri diperkuat dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh berbagai departemen/sektor dan pemerintah daerah. Pelaksanaan PNPM Mandiri 2008 juga akan diprioritaskan pada desa-desa tertinggal.

Dengan pengintegrasian berbagai program pemberdayaan masyarakat ke dalam kerangka kebijakan PNPM Mandiri, cakupan pembangunan diharapkan dapat diperluas hingga ke daerah-daerah terpencil dan terisolir. Efektivitas dan efisiensi dari kegiatan yang selama ini sering berduplikasi antar proyek diharapkan juga dapat diwujudkan. Mengingat proses pemberdayaan pada umumnya membutuhkan waktu 5-6 tahun, maka PNPM Mandiri akan dilaksanakan sekurang-kurangnya hingga tahun 2015. Hal ini sejalan dengan target waktu pencapaian tujuan pembangunan milenium atau Millennium Development Goals (MDGs). Pelaksanaan PNPM Mandiri yang berdasar pada indikator-indikator keberhasilan yang terukur akan membantu Indonesia mewujudkan pencapaian target-target MDGs tersebut.

Sumber : berbagai sumber. (FOTO KEGIATAN SELENGKAPNYA)

Comments

  1. Pagi Mas,
    Aku bisa ga sich dapet uang PNPM...??? Hehe

    ReplyDelete
  2. heheheheheh....bisa aja....yg penting program dan kegiatannya jelas....,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ucapan Idul Fitri Yang Benar (Sesuai Rasulullah SAW)

Hari kemenangan akan segera tiba. Di Indonesia setiap hari Lebaran (Idul Fitri) tiba semua orang mengucapkan selamat dengan bermacam-macam cara. Ada yang dengan pantun serius, pantun plesetan, ungkapan yang sangat puitis, dll. (Ini “pancingan” dari operator selular agar semua orang kirim SMS sehingga traffic SMS meningkat yang ujung-ujungnya pendapatan mereka juga meningkat atau memang murni ucapan dari seseorang kemudian di forward setelah diedit sedikit, biasanya nama dan keluarga. ucapanya sih sama persis). Nah, bagaimana yang dilakukan Nabi? Hampir semua ucapan yang beredar tidak ada riwayatnya kepada Rasulullah kecuali ucapan: Taqabbalallahu minaa wa minka , yang maknanya, “Semoga Allah SWT menerima amal kami dan amal Anda.” Maksudnya menerima di sini adalah menerima segala amal dan ibadah kita di bulan Ramadhan. Berkata Al Hafidh Ibnu Hajar[Fathul Bari 2/446] : “Dalam “Al Mahamiliyat” dengan isnad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia berkata (yang artinya) : Para sah

INSIDE KA'BAH DAN DETIK TERAKHIR SAKARATUL MAUT RASULULLAH SAW..

Inside Ka'bah Saudaraku seiman, gambar ini (bagian dalam Baitullah) adalah hadiah istimewa bagi kita semua (terutama bagi yang belum pernah masuk atau belum pernah melihat/memiliki gambar seperti ini). Silahkan

WASPADA BAHAYA KEBAKARAN HUTAN !!!

Kebakaran hutan seolah-olah menjadi tradisi. Bagian dari tradisi kegiatan yang mengakibatkan kerusakan hutan. Gimana enggak coba? Hampir setiap tahun sejak abad ke-21 kebakaran hutan selalu terjadi. Baru-baru ini di negara kita, tepatnya di wilayah Tanjungpinang – Kepulauan Riau, beberapa lokasi hutannya kebakaran bro. Sungguh mengerikan. Sampai kapan ya, hutan di dunia ini terhenti dari kebakaran ?? . Untuk kasus kebakaran yang terjadi khususnya di wilayah Tanjungpinang, mengawali Tahun 2010 dalam 1 bulan ini saya hitung sudah sekitar 14 kali terjadi kebakaran di beberapa titik yang sebagian besar adalah lahan / hutan….waduh..cape dehhhhh. Pada musim kering seperti saat ini, risiko kebakaran di kawasan hutan cukup tinggi, mengingat kondisi hutan yang kering mudah terbakar. Panas menyengat yang terjadi dalam 1 bulan terakhir menimbulkan hot spot (titik panas) pada sejumlah wilayah khususnya di Tanjungpinang, dan tentu saja rawan kebakaran hutan. Perlu diingat bahwa dampak terjadinya ke