Skip to main content

Olahraga: Sederhana dan Banyak Manfaat

Sabtu pagi ini kebetulan aku lagi pengin nengok kegitan olah raga pagi anggota Satpol neh...., seperti biasa setiap sabtu pagi kami adakan kegiatan olah raga ini. Biar capek dikit tapi badan sehat dan segar selalu............ Yah karena dengan adanya aktifitas tugas sehari-hari yang selalu di tuntut untuk selalu sigap baik di kantor atau di lapangan.....perlu kiranya kondisi badan kita perlu di jaga agar sehat selalu, bugar selalu.yah salah satunya dengan kegiatan olah raga secara teratur dan rutin tentunya.
Sedikit pemahaman kita tentang perlunya berolahraga. Menurut kamus, olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani. Untuk seseorang yang terlalu disibukkan oleh berbagai macam aktivitas, seringkali berolahraga menjadi salah satu kegiatan yang sulit dan malas untuk dilakukan. Padahal,olahraga tidaklah selalu harus yang berat atau yang rumit. Olahraga sesederhana apapun, jika dilakukan dengan teratur dan dengan cara yang benar dapat mendatangkan banyak manfaat bagi diri kita. Kali ini, akan dibahas beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari berolahraga.
Pertama-tama, percaya atau tidak, Olahraga dapat meningkatkan kekuatan otak! Mengapa? Karena pada saat berolahraga tubuh memompa lebih banyak darah sehingga kadar oksigen dalam peredaran darah juga meningkat yang ujungnya mempercepat pasokan darah ke otak. Nah, menurut para ahli, jika otak mendapat asupan darah, maka reaksi fisik dan mental seseorang akan meningkat.
Kedua, ternyata Olahraga dapat melawan penuaan! Penelitian membuktikan bahwa ternyata hanya dengan berolahraga ringan, seperti berjalan kaki saja dapat membantu tubuh mencegah penurunan daya kerja otak pada wanita lanjut usia. Semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki ini dilakukan maka ketajaman pikiran juga akan semakin membaik. Hasil terbaik akan didapat dengan menggerakkan tubuh setiap minggu selama sembilan minggu.
Ketiga, Olahraga juga dapat menghilangkan stress! Kok bisa? Alasannya sederhana, kalau jantung kita bekerja pada saat berolah raga, maka otomatis konsentrasi pikiran tidak akan terfokus pada urusan pekerjaan atau masalah lain. Dengan teralihnya pikiran kita, maka stress atau kegelisahan yang kita alami perlahan-lahan akan berkurang. Dan otak kita dapat berpikir jernih lagi. Selain dapat mengalihkan pikiran, latihan aerobik yang rutin juga dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular, sehingga nantinya kita dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah. Aktivitas lain yang terbukti efektif dalam melawan ketegangan otak adalah berjalan kaki, bersepeda, renang, jogging dan yoga.
Keempat, Olahraga dapat meningkatkan perasaan bahagia secara alami! Banyak orang zaman sekarang memakai obat penenang untuk mengobati depresi atau sakit hati. Ternyata, mencapai perasaan bahagia dapat diraih hanya dengan menggerakkan tubuh secara rutin. Olah raga terbukti manjur untuk merangsang pembentukan hormon penumbuh rasa bahagia dalam tubuh kita, seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorphin, yang merupakan pembunuh nomor satu penyakit sakit hati. Sebuah survey di Inggris melaporkan 83% penderita depresi bergantung pada aktivitas olah raga dalam memperbaiki perasaan hati dan mengurangi kecemasan. Faktanya, hanya dengan berolah raga selama 16 minggu secara rutin pada orang yang memiliki kadar depresi yang sedang ternyata bisa mendapatkan efek bahagia sama besar dengan kadar yang dihasilkan oleh obat penenang.
Kelima, Olahraga dapat meningkatkan kepercayaaan diri! Zaman sekarang, kepercayaan diri dapat dicapai tidak hanya dengan mengandalkan keindahan fisik lagi. Sebuah studi di Amerika telah membuktikan bahwa remaja yang aktif berolahraga ternyata memiliki kadar kepercayaan diri yang sama kuat dengan para remaja lain yang memiliki tubuh dan penampilan indah. Kepercayaan diri ini terletak pada hasil yang mereka dapatkan yakni citra tubuh yang sehat dan kekuatan fisik yang prima.
Terakhir, Olahraga dapat mencegah sejumlah penyakit berat! Banyak penyakit-penyakit yang dapat kita hindari dengan berolahraga. Misalnya: Hipertensi, Diabetes, Penyakit jantung dan stroke, kegemukan, osteoporosis, nyeri punggung dan lain-lain.
Jadi, dari ulasan di atas, dapat kita lihat bersama bahwa olahraga dapat memberikan banyak manfaat yang berujung pada hidup sehat. Oleh karena itu, biasakanlah untuk berolahraga secara teratur mulai sekarang. Klik disini gambar Kegiatan Olah Raga lainnya

Comments

Popular posts from this blog

Ucapan Idul Fitri Yang Benar (Sesuai Rasulullah SAW)

Hari kemenangan akan segera tiba. Di Indonesia setiap hari Lebaran (Idul Fitri) tiba semua orang mengucapkan selamat dengan bermacam-macam cara. Ada yang dengan pantun serius, pantun plesetan, ungkapan yang sangat puitis, dll. (Ini “pancingan” dari operator selular agar semua orang kirim SMS sehingga traffic SMS meningkat yang ujung-ujungnya pendapatan mereka juga meningkat atau memang murni ucapan dari seseorang kemudian di forward setelah diedit sedikit, biasanya nama dan keluarga. ucapanya sih sama persis). Nah, bagaimana yang dilakukan Nabi? Hampir semua ucapan yang beredar tidak ada riwayatnya kepada Rasulullah kecuali ucapan: Taqabbalallahu minaa wa minka , yang maknanya, “Semoga Allah SWT menerima amal kami dan amal Anda.” Maksudnya menerima di sini adalah menerima segala amal dan ibadah kita di bulan Ramadhan. Berkata Al Hafidh Ibnu Hajar[Fathul Bari 2/446] : “Dalam “Al Mahamiliyat” dengan isnad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia berkata (yang artinya) : Para sah

INSIDE KA'BAH DAN DETIK TERAKHIR SAKARATUL MAUT RASULULLAH SAW..

Inside Ka'bah Saudaraku seiman, gambar ini (bagian dalam Baitullah) adalah hadiah istimewa bagi kita semua (terutama bagi yang belum pernah masuk atau belum pernah melihat/memiliki gambar seperti ini). Silahkan

WASPADA BAHAYA KEBAKARAN HUTAN !!!

Kebakaran hutan seolah-olah menjadi tradisi. Bagian dari tradisi kegiatan yang mengakibatkan kerusakan hutan. Gimana enggak coba? Hampir setiap tahun sejak abad ke-21 kebakaran hutan selalu terjadi. Baru-baru ini di negara kita, tepatnya di wilayah Tanjungpinang – Kepulauan Riau, beberapa lokasi hutannya kebakaran bro. Sungguh mengerikan. Sampai kapan ya, hutan di dunia ini terhenti dari kebakaran ?? . Untuk kasus kebakaran yang terjadi khususnya di wilayah Tanjungpinang, mengawali Tahun 2010 dalam 1 bulan ini saya hitung sudah sekitar 14 kali terjadi kebakaran di beberapa titik yang sebagian besar adalah lahan / hutan….waduh..cape dehhhhh. Pada musim kering seperti saat ini, risiko kebakaran di kawasan hutan cukup tinggi, mengingat kondisi hutan yang kering mudah terbakar. Panas menyengat yang terjadi dalam 1 bulan terakhir menimbulkan hot spot (titik panas) pada sejumlah wilayah khususnya di Tanjungpinang, dan tentu saja rawan kebakaran hutan. Perlu diingat bahwa dampak terjadinya ke