Skip to main content

INTERNATIONAL TOUR DE BINTAN 2009

Udara pagi disertai pancaran terik matahari pagi mulai menyatu dengan kehidupan alam seisinya. Sabtu pagi yang cerah diawali dengan perjalanan panjangku untuk memulai aktivitas sebagaimana biasanya. Hanya dengan 35 Km/Jam saja kurang lebih kecepatan kendaraan kupacu melintasi suasana pagi hari melewati tikungan-demi tikungan, tanjakan dan turunan yang saling menyapa, kanan kiri hutan serta sedikit pemandangan perbukitan dan lautan yang diselimuti gugusan pulau-pulau kecil yang semakin menambah semangat adrenalinku untuk lebih memacu kendaraanku agar segera sampai ke tujuan.

Aktivitas pagi itu konvoi kendaraan bersama rombongan Gubernur Kepulauan Riau menuju lokasi acara kegiatan Pemerintah Kabupaten Bintan di daearah simpang Lagoi yang mana acara tersebut bertajuk “INTERNATIONAL TOUR DE BINTAN 2009”. Ajang balap sepeda Tour de Bintan ini juga sebagai sarana untuk mengenalkan keindahan objek wisata di Bintan kepada dunia luar untuk menarik kunjungan wisata ke Bintan, sebagaimana yang di harapkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan. Kegiatan ini di buka langsung oleh Bapak Gubernur Kepulaan Riau Ismeth Abdullah dan Bupati Bintan Ansar Ahmad serta di dampingi oleh unsur Muspida di wilayah Kabupaten Bintan.

INTERNATIONAL TOUR DE BINTAN 2009 yang merupakan iven perdana ini, disambut baik oleh pihak United Ciclyng Internasional (UCI) dimana nantinya akan dinilai kelayakannya untuk ditetapkan sebagai kalender tahunan balap sepeda internasional. Sedangkan untuk hadiah lomba telah disediakan hadiah dengan total uang Rp 68 juta…wah lumayan juga neh gank. Sebanyak 100 pembalap mancanegara turut serta mengikuti lomba balap sepeda "Tour de Bintan" yang digelar 21-22 November 2009 di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau ini. Peserta dari manca Negara yang mengikuti Tour de Bintan tersebut berasal dari sembilan negara di Asia, Eropa, Australia dan Amerika diantaranya dari Prancis, Inggris, Australia, New Zealand, Jepang, Italia, Amerika Serikat, German, Thailand, Malaysia dan Singapura. Ditambah enam orang atlet yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Tanjungpinang, Lingga, Batam dan Pekanbaru.

Etape Tour de Bintan dibagi dua dan dilaksanakan dalam dua hari mengitari kawasan-kawasan wisata di sepanjang kawasan timur dan utara Kabupaten Bintan. Pada hari pertama, etape sepanjang 120 km mengelilingi bagian timur kawasan wisata Lagoi dan pantai Trikora Bintan. Sedangkan pada hari kedua jarak tempuh sepanjang 80 km memutari kawasan wisata Bintan utara. Acara yang dimotori Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pariwisata dan bekerjasama dengan Nirwana Gardens Resort, Bintan Tourism Board ini akan memperebutkan hadiah 10.000 dolar Singapura (sekitar Rp68 juta).

Wah sukses deh buat Pemerintah Kabupaten Bintan, mudah-mudahan iven ini dapat terlaksana dengan sukses dan mampu mendongkrak lebih banyak lagi peluang PAD dari sektor Pariwisat serta mendukung kegiatan Visit Indonesia Year 2010. Pokoknya kalau dapat kegiatan ini di jadikan iven tahunan sebagaimana yang di harapkan.

Kalau berbicara masalah naik sepeda memang boleh dibilang sebuah kegiatan yang mengasyikan khususnya sepeda gunung. Menjelajahi alam sambil bersepeda merupakan suatu kegiatan yang mengasyikkan bagi penggemar olahraga sepeda gunung maupun sepeda balap. Selain memperoleh manfaat kesehatan, petualangan bersepeda juga mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka yang melakoninya. Namun walau bagaimanapun kegiatan yang sudah dikategorikan bagian dari kegiatan olah raga ini perlu juga dibutuhkan fisik yang sehat dan kuat. Bagaimana tidak, sebab olaha raga bersepeda gunung sebagai mana di atas melalui medan-medan yang lumayan berat…kadang nanjak..kadang turun. Jadi kalo saya pinjam isitilah dari peribahasa klasik ” Man Behind The Gun” atau dalam bahasa kita “yang penting dengkulnya bung !!” heheehe…makanya perlu juga latihan yang teratur buat olah raga yang satu ini. Setuju..!!!.

Banyak alasan mengapa bersepeda sangat baik bagi kesehatan, keuangan dan kehidupan. Sayai coba mengumpulkan berbagai alasan tersebut dari berbagai sumber.
Kesehatan

  • Bersepeda secara teratur akan meningkatkan kesehatan badan seperti 10 tahun lebih muda, tapi gimana yang umurnya dibawah 10 tahun? tekor dong.(National Forum for Coronary Heart Disease Foundation).
  • Bersepeda sekurangnya 20 mil per-minggu membantu mengurangi resiko penyakit jantung lebih dari 50% dibandingkan mereka yang tidak melakukan olahraga apapun, dengan catatan selama bersepeda anda tidak merokok atau makan makanan berlemak (British Heart Foundation, Morris).
  • Jika 1/3 saja dari perjalanan pendek menggunakan mobil digantikan bersepeda, maka resiko penyakit jantung secara nasional akan turun antara 5 hingga 10 persen (Bikes not Fumes, CTC, 1992).
  • Sepeda lebih cepat 5 kali dari mobil dan 2 kali dari motor pada saat macet, sangat bagus mengurangi tingkat stress. Apabila anda melewati trotoar perhitungan tersebut berubah menjadi 10 kali dari mobil dan 4 kali dari motor, tapi kami tidak menyarankan untuk melewati trotoar, sekali lagi tidak kami sarankan (tapi sering kami praktekkan) :D

Keuangan

  • Sepeda tidak membutuhkan pajak kendaraan, pajak jalan, asuransi, dan tentu saja bahan bakar.
  • Sepeda membutuhkan biaya perawatan sekitar 50 ribu rupiah per bulan atau kurang. Jauh jauh jauh lebih murah dibandingkan kendaraan bermotor, apalagi kalo sama sekali gak pernah dirawat, hajar terus bang!
  • Sepeda yang baik akan bertahan lebih dari 10 tahun. Bandingkan dengan mobil dan motor yang umur pakai optimum 3-5 tahun. Kecuali sering-sering bermain ke FJB sepedaku. Sepeda yang baik hanya bertahan 1 bulan atau kurang (pengalaman pribadi).
  • Sepeda bisa diparkir di mana saja, nebeng parkir motor, titipin di pos satpam atau bawa aja masuk ke ruangan anda. Jadi anda tidak perlu pusing lagi dengan ongkos parkir yang pake itung-itungan per-jam.

Kehidupan

  • 1 tempat parkir mobil menghabiskan 10 tempat parkir sepeda. 1 tempat parkir motor menghabiskan 2 tempat parkir sepeda. Bisa lebih banyak lagi kalau anda rela akrobatik menumpuk sepeda anda.
  • Sepeda sama sekali tidak menimbulkan polusi udara dan lebih sedikit polusi suara.
  • Mobil dan motor telah menghilangkan ribuan nyawa per-tahunnya di jalan. Sepeda? Paling dimaki aja kalo nabrak.

Demikianlah sedikit cerita postingku kali ini. Semoga bermanfaat yah.


Sumber : Berbagai Sumber.

Foto : By Mazpram Banget

Foto lainnya klik ==>> http://mazpram-in-photography.blogspot.com

Berita terkait selanjutnya Klik on = = >> http://www.tourdebintan.com dan http://sports.id.finroll.com


Comments

Popular posts from this blog

Ucapan Idul Fitri Yang Benar (Sesuai Rasulullah SAW)

Hari kemenangan akan segera tiba. Di Indonesia setiap hari Lebaran (Idul Fitri) tiba semua orang mengucapkan selamat dengan bermacam-macam cara. Ada yang dengan pantun serius, pantun plesetan, ungkapan yang sangat puitis, dll. (Ini “pancingan” dari operator selular agar semua orang kirim SMS sehingga traffic SMS meningkat yang ujung-ujungnya pendapatan mereka juga meningkat atau memang murni ucapan dari seseorang kemudian di forward setelah diedit sedikit, biasanya nama dan keluarga. ucapanya sih sama persis). Nah, bagaimana yang dilakukan Nabi? Hampir semua ucapan yang beredar tidak ada riwayatnya kepada Rasulullah kecuali ucapan: Taqabbalallahu minaa wa minka , yang maknanya, “Semoga Allah SWT menerima amal kami dan amal Anda.” Maksudnya menerima di sini adalah menerima segala amal dan ibadah kita di bulan Ramadhan. Berkata Al Hafidh Ibnu Hajar[Fathul Bari 2/446] : “Dalam “Al Mahamiliyat” dengan isnad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia berkata (yang artinya) : Para sah

INSIDE KA'BAH DAN DETIK TERAKHIR SAKARATUL MAUT RASULULLAH SAW..

Inside Ka'bah Saudaraku seiman, gambar ini (bagian dalam Baitullah) adalah hadiah istimewa bagi kita semua (terutama bagi yang belum pernah masuk atau belum pernah melihat/memiliki gambar seperti ini). Silahkan

WASPADA BAHAYA KEBAKARAN HUTAN !!!

Kebakaran hutan seolah-olah menjadi tradisi. Bagian dari tradisi kegiatan yang mengakibatkan kerusakan hutan. Gimana enggak coba? Hampir setiap tahun sejak abad ke-21 kebakaran hutan selalu terjadi. Baru-baru ini di negara kita, tepatnya di wilayah Tanjungpinang – Kepulauan Riau, beberapa lokasi hutannya kebakaran bro. Sungguh mengerikan. Sampai kapan ya, hutan di dunia ini terhenti dari kebakaran ?? . Untuk kasus kebakaran yang terjadi khususnya di wilayah Tanjungpinang, mengawali Tahun 2010 dalam 1 bulan ini saya hitung sudah sekitar 14 kali terjadi kebakaran di beberapa titik yang sebagian besar adalah lahan / hutan….waduh..cape dehhhhh. Pada musim kering seperti saat ini, risiko kebakaran di kawasan hutan cukup tinggi, mengingat kondisi hutan yang kering mudah terbakar. Panas menyengat yang terjadi dalam 1 bulan terakhir menimbulkan hot spot (titik panas) pada sejumlah wilayah khususnya di Tanjungpinang, dan tentu saja rawan kebakaran hutan. Perlu diingat bahwa dampak terjadinya ke