Skip to main content

PERINGATAN HUT SATPOL PP KE 60 DI DKI JAKARTA PECAHKAN REKOR MURI

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menerima piagam penghargaan dari MURI (Jaya Suprana)

Apakah anda termasuk orang yang rajin membaca koran atau menonton berita di televisi bahkan membaca berita melalui media Blog semacam ini, melalui media masa dan elektronik yang ada sudah barang tentu anda pasti mengenal Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang boleh dibilang namanya memang sedang naik daun, bagaimana tidak lihat saja hampir setiap hari Satpol PP menjadi objek pemberitaan baik di media massa atau elektronik….BETUL GAK ? …tentu betul dong :). Hampir dalam setiap pemberitaannya Satpol PP kerap kali digambarkan sebagai sosok aparat yang kasar, arogan, penindas rakyat kecil dan tidak berprikemanusiaan. Apakah benar demikian Saudara – saudara ? ….tunggu dulu..jangan cepet2 mengambil kesimpulan sebelum Saudara semua mengenal lebih dekat tentang Satpol PP. Sebab dalm postingku kali ini ada sisi lain yang menarik yang sanggup di suguhkan oleh para aparat Satpol PP di wilayah DKI Jakarta.
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Satpol PP yang ke 60, pada tahun ini Satpol PP DKI Jakarta mempersembahkan sebuah pertunjukan yang luar biasa. Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 60 di Silang Monas, Jakarta Pusat dirayakan secara meriah. Acara tersebut juga berhasil memecahkan Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai opera terbesar dengan jumlah pemain 2010 pemain. Opera yang diberi judul Panca Wira Satya sendiri menceritakan napak tilas berdirinya satuan penegak Peraturan Daerah di Indonesia itu.
Para pemain opera tersebut tidak lain adalah para anggota Satpol PP yang menggunakan pakaian adat dari seluruh Indonesia. Tak hanya pakaian adat, para anggota Satpol PP yang biasanya terlihat garang dalam aksi penggusuran lihai menari dengan tarian adat dari berbagai suku di Indonesia.
Opera yang diberi judul Panca Wira Satya berhasil memecahkan Museum Rekor Indonesia (Muri). Opera ini menceritakan napak tilas berdirinya satuan penegak Peraturan Daerah di Indonesia itu.
Selain dimeriahkan dengan tarian Opera, Satpol PP pun menggelar atraksi ketangkasan anggota Pamong Praja. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan Wakil Ketua DPRD DKI Lulung Lunggana pun mengetes para Satpol PP dengan mematahkan besi dragon di lengan tangan salah seorang anggota Satpol PP.
Acara yang dihadiri ribuan anggota Satpol PP ini juga dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Wahyono dan jajaran Pemprov DKI.
Satpol PP mulai lahir pada tahun 1941 dengan nama Dentasemen penjaga kota yang pertama kali dibentuk di Kota Yogyakarta, pada Tahun 1948. Nama Dentasemen lalu berubah menjadi Polisi Pamong Praja dan mulai dibentuk di beberapa daerah seperti Jakarta, Kalimantan, Sulawesi dan Bali yang akhirnya diikuti daerah lain.
Pada Tahun 1950 Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan surat keputusan tentang Satuan Polisi Pamong Praja dan sejak saat itu, Satpol PP mulai eksis sebagai satuan penegak Peraturan Daerah. Satpol PP mulai dibentuk hingga di tingkat kecamatan dan kelurahan di seluruh Indonesia.

Link untuk foto kegiatan selengkapnya ==>> FOTO SELENGKAPNYA
Posting & Photo by : MAZPRAM

Comments

  1. mantap mass
    salam dr adek kelasmu...hehehehe

    http://bowoL.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ucapan Idul Fitri Yang Benar (Sesuai Rasulullah SAW)

Hari kemenangan akan segera tiba. Di Indonesia setiap hari Lebaran (Idul Fitri) tiba semua orang mengucapkan selamat dengan bermacam-macam cara. Ada yang dengan pantun serius, pantun plesetan, ungkapan yang sangat puitis, dll. (Ini “pancingan” dari operator selular agar semua orang kirim SMS sehingga traffic SMS meningkat yang ujung-ujungnya pendapatan mereka juga meningkat atau memang murni ucapan dari seseorang kemudian di forward setelah diedit sedikit, biasanya nama dan keluarga. ucapanya sih sama persis). Nah, bagaimana yang dilakukan Nabi? Hampir semua ucapan yang beredar tidak ada riwayatnya kepada Rasulullah kecuali ucapan: Taqabbalallahu minaa wa minka , yang maknanya, “Semoga Allah SWT menerima amal kami dan amal Anda.” Maksudnya menerima di sini adalah menerima segala amal dan ibadah kita di bulan Ramadhan. Berkata Al Hafidh Ibnu Hajar[Fathul Bari 2/446] : “Dalam “Al Mahamiliyat” dengan isnad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia berkata (yang artinya) : Para sah

INSIDE KA'BAH DAN DETIK TERAKHIR SAKARATUL MAUT RASULULLAH SAW..

Inside Ka'bah Saudaraku seiman, gambar ini (bagian dalam Baitullah) adalah hadiah istimewa bagi kita semua (terutama bagi yang belum pernah masuk atau belum pernah melihat/memiliki gambar seperti ini). Silahkan

WASPADA BAHAYA KEBAKARAN HUTAN !!!

Kebakaran hutan seolah-olah menjadi tradisi. Bagian dari tradisi kegiatan yang mengakibatkan kerusakan hutan. Gimana enggak coba? Hampir setiap tahun sejak abad ke-21 kebakaran hutan selalu terjadi. Baru-baru ini di negara kita, tepatnya di wilayah Tanjungpinang – Kepulauan Riau, beberapa lokasi hutannya kebakaran bro. Sungguh mengerikan. Sampai kapan ya, hutan di dunia ini terhenti dari kebakaran ?? . Untuk kasus kebakaran yang terjadi khususnya di wilayah Tanjungpinang, mengawali Tahun 2010 dalam 1 bulan ini saya hitung sudah sekitar 14 kali terjadi kebakaran di beberapa titik yang sebagian besar adalah lahan / hutan….waduh..cape dehhhhh. Pada musim kering seperti saat ini, risiko kebakaran di kawasan hutan cukup tinggi, mengingat kondisi hutan yang kering mudah terbakar. Panas menyengat yang terjadi dalam 1 bulan terakhir menimbulkan hot spot (titik panas) pada sejumlah wilayah khususnya di Tanjungpinang, dan tentu saja rawan kebakaran hutan. Perlu diingat bahwa dampak terjadinya ke